Cantiknya 10 Gaun Dari Bahan Daur Ulang ini, Yang Mana pilihanmu?

Hasil gambar untuk gaun daur ulang

Polusi semakin tahun tingkat polusi di Indonesia semakin meningkat. Penggunaan bahan fossil misalnya sebagai bahan bakar kendaraan masih digunakan manusia sebagai sumber energi. Terlebih lagi sampah non organik seperti plastik yang menduduki raja sampah didunia kedua setelah polusi udara.

Plastik memaang diciptakan manusia sebagai wadah tempat menyimpan bahan makanan ataupun barang agar tahan lama dan tidak busuk. Namun peningkatan sampah plastik kian menjadi tajam katena penggunaannya yang sangat berlebihan. Sampah plastik adalah polusi bagi semua elemen, baik tanah, air dan udara. Berbagai usaha pun dilakukan di masyarakat untuk mengurangi emisi sampah plastik, salah satunya adalah dengan kerajinan yang bernilai tinggi.

Baca juga: Baju Merah Putih untuk Menyambut Kemerdekaan RI

Salah satu kerajinan tersebut adalah gaun atau baju dari bahan daur ulang sampah. Bagaimana ide ini bisa dibuat? Dari beberapa sumber informasi, ide awal dari pembuatan gaun ini adalah demi memperingati hari lingkungan sedunia. Dengan diciptakannya gaun daur ulang ini, hal ini juga dimanfaatkan kelompok masyarakat sebagai kampanye tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh kreasi gaun daur ulang yang pernah dipamerkan diatas catwalk. Kamu memilih yang mana nih?

 

 

  1. Peri Bijak Pelopor Lingkungan Hidup

 

 

Seorang siswi SMP PGRI 1 Mojokerto berusia 14 tahun bernama Dhania Ariska ini memamerkan gaun bertema peri bijak pelopor lingkungan hidup. Dhania menggunakan gaun yang dibuat dengan 1000 bungkus deterjen, lengkap dengan aksesoris peri seperti mahkota dan tongkat sakti yang biasa dipakai oleh peri. Semua busana termasuk aksesoris yang digunakan oleh siswi cilik ini dibuat dengan bahan-bahan daur ulang, seperti kertas koran, tutup botol kemasan dan karung beras. Fashion show yang dibawakan siswi cilik ini mengundang perhatian semua orang, termasuk Walikota Mojokerto.

  1. Gaun unik cantik kreasi siswi Bandung

 

 

Di salah satu berita online diberitakan sejumlah siswi-siswi Madrasah asal Bandung ini membuat gaun unik dan cantik dari barang-barang dari limbah sampah plastik. Mereka membuat gaun ini berdasarkan majalah dan internet. Limbah sampah tersebut dijahit dan dikreasikan menurut imajinasi mereka. Barang-barang daur ulang yang dipakai oleh siswi-siswi ini terbuat dari CD bekas, plastik bekas, busa sandal hingga sendok bekas. Siswi-siswi ini hanya memerlukan waktu sekitar 2 minggu saja ubtuk membuat satu gaun cantik berbahan dasar limbah ini. Gaun yang dibuat siswi ini pun akhirnya memenangkan trophy juara I dari Pemkot Bandung dalam lomba fashion show daur ulang ini. Dari keempat gaun gambar diatas mana favorit kamu ?

Baca juga: Pakaian motif untuk Kalian Wanita Yang Bertubuh Besar

 

  1. Gaun Daur Ulang dalam Pawai Kemerdekaan RI

 

 

Euforia kemerdekaan RI disambut antusias oleh semua masyarakat Indonesia, dikabarkan disebuah berita online. Di sebuah pawai di daerah Cibunut, Bandung. Disana terdapat sebuah kampung warna-warni disini beberapa masyarakat melakukan pawai kemerdekaan dengan cara yang unik. Jika orang-orang biasa melakukan pawai kemerdekaan dengan baju adat atau baju bernuansa merahbputih. Kali ini pawai yang  berlangsung di kampung warna warni Cibunut disuguhkan dengan berbagai kostum daur ulang. Masyarakat memanfaatkan limbah sampah plastik dan dikreasikan menjadi kostum. Hanya sekitar 2 minggu kostum ini dibuat, walaupun kesempatan yang diberikan cukup singkat. Namun hasilnya sangat menakjubkan. Sejumlah ibu rumah tangga, anak-anak menyemarakkan kemerdekaan Indonesia dengan berbagai kostim yang menarik dan unik. Tidak hanya kostum saja yang dibuat dengan bahan dasar limbah, berbagai aksesoris seperti topi dan tas juga terbuat dari bahan daur ulang sampah.

 

 

  1. Gaun puteri dari serbet lantai

 

Serbet lantai bekas dijadikan gaun cantik? Sebagian orang mungkin jijik dengan hal ini, namun ini yang terjadi. Seorang gadis cilik memakai sebuah gaun dari serbet lantai bekas. Namun jika kalian mengamati gambar diatas, pasti kalian tidak percaya bahwa gaun cantik berwarna biru dan putih tersebut terbuat dari serbet bekas, bukan? Seorang desainer Rachel Lefleur memilih tissu toilet sebagai bahan dasar gaun pengantin. Tisu toilet memang bukan bahan dasar yang umum untuk membuat sebuah gaun pengantin. Namun nyatanya, ditangan gadis remaja ini sebuah gaun tisu toilet ini tercipta. Gaun ini dibuat dengan memakan waktu selama 4 bulan dan menghabiskan biaya hingga puluhan USD. Faktanya gaun dari tisu toilet ini menghabiskab tisu toilet hingga 19 gulung. Gaun cantik dari tisu toilet ini mendapatkan nilai terbaik dalam Tugas merancang di sekolahnya.

 

  1. Puteri Mie Instan vs Puteri Berzirah Minuman Instan

Mie instan adalah makanan instan terpopuler terutama di kawasan Asia. Kali ini, lagi lagi seorang gadis cilik memakai gaun dari bahan limbah. Kali ini mereka menggunakan bungkus mie instan dan minuman instan. Seperti yang terlihat diatas, gadis tersebut memakai gaun dari bungkus mie instan dengan kombinasi warna yang berbeda. Bagian atas berwarna merah putih dengan bagian bawahnya berwarna kuning. Sangat cantik, bukan? Satu lagi, ada seorang gadis memakai baju zirah dari minuman instan bekas. Seperti yang dilihat, minuman bekas ditumpuk dan ditempelkan secara rapi. Dibagian roknya, terlihat minuman bekas instan tersebut ditipiskan dan ditempel secara rapi. Bahkan gadis ini pun juga memakai mahkota yang terbuat dari bahan yang sama. Menurutnu mana yang j menarik?

 

  1. Gaun pengantin dari kardus bekas

 

Kardus bekas? Apa yang ada dipikuranmu tentang kardus bekas? Mungkin bagibkita kardus bekas tidak ada harganya. Namun ditangan sebuah anak yang kreatif, dia bisa menciptakan gaun pengantin dengan bahan dasar kardus bekas. Mungkin kamu menyangka gaun yang anggun ini adalah hasil karya desainer ternama. Namun tahukah kamu  gaun pengantin berwarna putih ini adalah karya dari kreatifitas anak negeri. Gaun yang terbuat dari kardus bekas ini terlihat sangat mewah, anggun, dan modern. Apakah kamu ingin memilikinya juga?

 

  1. Gaun dari bungkus softener

Seorang gadis SMA dalam sebuah pentas fashion show mampu membuat gaun sederhana yang terbuat dar bungkus softener bekas. Gaun terbuat siftoner ini nampak seperti kain baju seperti yang biasa kita pakai bukan? Gaun sepanjang lutut ini memiliki ekor hingga menyentuh lantai. Gaun ini memiliki kerah V neck dan ada detail belt di pinggangnya. Gadis SMA ini juga membuat aksesori rambut dari bahan daur ulang yang semakin mempercantik penampilannya.

Semoga 7 gaun cantik dan anggun dari bahan bahan bekas ini dapat menjadi inspirasi bagi kalian yang mungkin ingin membuat sebuah gaun atau dress dengan bahan – bahan bekas seperti bungjus mie instan, botol bekas, tutup botol, bekas bungkus softener, tisu toilet hingga kardus bekas. Apakah kamu berminat untuk membuat sebuah gaun dengan bahan bekas? Jadikan gaun-gaun cantik ini sebagai inspirasi kamu ya. Dengab ini berarti kamu telah membantu menjaga bumi kita dari masalah sampah yang ada.

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *